Senin, 21 September 2015

makalah sosok manusia indonesia

TUGAS  MAKALAH
PENGANTAR PENDIDIKAN
“SOSOK MANUSIA INDONESIA”



OLEH :
NAMA                         : LA ODE ALFIAN
STAMBUK                 : A1A115 239

PENDIDIKAN EKONOMI KONS. PARIWISATA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2015


KATA PENGANTAR
            Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya bisa meenyelesaikan tugas  makalah ini tepat waktu. Sehingga penyusun dapat menyelesaikan dengan baik pada penulisan makalah ini sebagai salah satu tugas perkuliahan. Penulisan makalah ini mungkin sangat jauh dari sempurna, karena masih banyak kekurangan-kekurangan baik dari segi materi maupun dalam penyajiannya. Hal tersebut disebabkan oleh karena kemampuan dan pengalaman penulis masih sangat terbatas. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan teman – teman.












DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI............................................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 4
       A.  Latar Belakang..................................................................................................... 4
       B.  Rumusan Masalah................................................................................................ 4
       C.  Tujuan................................................................................................................... 4
       BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 5
       A.  Pengertian Sosok Manusia Indonesia.................................................................. 5
       B.  Karateristik Manusia Indonesia berdasarkan pandangan hidup Pancasila........... 6
C. Dimensi-dimensi yang harus di perhatikan dalam pembentukan manusia
     Indonesia.............................................................................................................. 6       

BAB III PENUTUP................................................................................................. 8
               3.A. Kesimpulan ...................................................................................................... 8
               DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
           Dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional  di bidang pendidikan, maka pendidikan nasional mengusahakan hal-hal berikut. Pertama, membentuk manusia seutuhnya sebagai manusia pembangunan yang mandiri dan berkualitas tinggi. Kedua, memberikan dukungan dan perkembangan masyarakat, bangsa, dan Negara Indonesia. Ketiga, mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kualitas bangsa. Keempat , meningkatkan mutu kehidupan dan martabat Indonesia serta mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Untuk mewujudkan hal-hal tersebut maka yang harus pertama dibentuk adalah sosok manusia Indonesia sesuai dengan pandangan hidup pancasila.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud sosok manusia Indonesia ?
2. Apa saja karakteristik yang dimiliki oleh manusia Indonesia berdasarkan  pancasila ?
3.Apa saja dimensi-dimensi dalam pembentukan manusia Indonesia ?
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian sosok manusia Indonesia
2. Mengetahui karakteristik manusia Indonesia  berdasarkan Pancasila
4. Mengetahui dimensi-dimensi dalam pembentukan manusia Indonesia



BAB I
PEMBAHASAN
A.    Pengertian sosok manusia Indonesia
Pengertian sosok manusia Indonesia tercantum dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional , GBHN 1993 tentang Tujuan Pendidikan Nasional, dan menurut Tirta Raharja dan Sulo, 2006:25.
1.      UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Tujuan Pendidikan Nasional (TPN) dirumuskan sebagai berikut: Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
2.      Dalam GBHN 1993, ditetapkan Tujuan Pendidikan Nasional yang lebih rinci sebagai berikut : Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa , berbudi luhur, berkepribadian mandiri, maju, Tangguh, cerdas kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja tinggi, professional,bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani, menumbuhkan jiwa patriotik, dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan,serta beroreantasi kemasa depan.
3.      Sedangkan menurut Tirta Raharja dan Sulo, 2006:25, Pengertian sosok manusia Indonesia seutuhnya ini adalah perpaduan antara aspek jasmani dan rohani, antara dimensi keindividualan, kesosialan, kesusilaan, keberagamaan, antara aspek kognitif, afektif, psikomotor.
          
           Dari beberapa sumber diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa sosok manusia Indonesia adalah manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berbudi luhur,sehat jasmani dan rohani,memiliki pengetahuan dan keterampilan,berjiwa wirausaha, berjiwa patriotisme, serta berorientasi ke masa depan.

B.     Karakteristik  manusia Indonesia berdasarkan pandangan hidup Pancasila
            Karakteristik manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan pandangan hidup pancasila  terdiri dari :
1.      Karakteristik manusia berkualitas, yang bercirikan : beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, memiliki ilmu pengetahuan, maju, tangguh dan cerdas.
2.      Karakteristik manusia yang kompetitif, yang bercirikan : beretos kerja, professional, bertanggung jawab, produktif, sehat jasmani dan rohani, berjiwa patriotik, meningkatkan kebangsaan dan kesetiakawanan sosial, serta berorientasi ke masa depan.
           
            Secara tersirat ada tiga hal yang cukup mendasar sebagai ciri sosok manusia Indonesia, yaitu : moral, ilmu, dan amal. Manusia Indonesia sepatutnya memiliki moral, ilmu pengetahuan yang memadai yang kemudian diamalkan untuk kesejahteraan nusa, bangsa, dan negara.

C.    Dimensi-dimensi yang harus di perhatikan dalam pembentukan manusia Indonesia
            Ada empat dimensi yang sepatutnya dipertimbangkan dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya yaitu : Dimensi intelektual,, Dimensi Sosial ,Dimensi personal,dan Dimensi produktivitas.
1.      Dimensi intelektual,yaitu sosok manusia Indonesia yang memiliki pandangan, wawasan ilmu pengetahuan, terampil, mampu memecahkan masalah, serta tidak apriori terhadap pengetahuan orang lain.
2.      Dimensi sosial,yaitu sosok manusia Indonesia yang memiliki hubungan antar manusia, manusia dengan lingkungannya, kesetiaan pada Negara, tahu hakl dan kewajiban sebagai warga Negara, dan produktif dalam keanggotaan organisasi.
3.      Dimensi personal,yaitu sosok manusia Indonesia yang memiliki pertumbuhan fisik dan kesehatan, stabilitas emosional, kesehatan mental, nilai-nilai moral religious, memiliki nilai dan rasa estetis, dan adanya kemampuan untuk mengembangkan kemampuan diri.
4.      Dimensi produktivitas,yaitu sosok manusia Indonesia yang memiliki kesanggupan memilih keahlian/pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya untuk mempertinggi keterampilan, keserasian hidup berkeluarga, mampu menempatkan diri sebagai konsumen dan produsen yang baik, kreatif, dan berkarya.
























BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

           Sosok manusia Indonesia adalah manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berbudi luhur,sehat jasmani dan rohani,memiliki pengetahuan dan keterampilan,berjiwa wirausaha, berjiwa patriotisme, serta berorientasi ke masa depan.
           Karakteristik manusia Indonesia berdasarkan pandangan hidup Pancasila yaitu:         1) Manusia berkualitas, yang bercirikan : beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, memiliki ilmu pengetahuan, maju, tangguh dan cerdas,          2) manusia yang kompetitif, yang bercirikan : beretos kerja, professional, bertanggung jawab, produktif, sehat jasmani dan rohani, berjiwa patriotik, meningkatkan kebangsaan dan kesetiakawanan sosial, serta berorientasi ke masa depan.
           Dimensi-dimensi dalam pembentukan manusia Indonesia yaitu : 1) Dimensi intelektual,,2) Dimensi Sosial ,3) Dimensi personal,dan 4)  Dimensi produktivitas.

















DAFTAR PUSTAKA
https://muhayatun.wordpress.com/2009/10/18/pengantar-pendidikan/
https://nahulinguistik.wordpress.com/2012/09/04/hakikat-manusia-dan-pengembangannya/
ayunillahrn.blogspot.co.id/2013/11/hakikat-manusia-dan-pendidikan.html
http://noviapiaviapiyuk.blogspot.co.id/2013/05/hakekat-manusia.html
http://suardi.blogspot.co.id/2011/01/karakteristik-sosok-manusia-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar